Pendidikan sejarah memiliki peran krusial dalam pengembangan karakter bangsa. Di tengah arus globalisasi yang kian deras, pemahaman sejarah yang kuat dapat menjadi fondasi bagi generasi muda untuk memahami identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Karya ilmiah ini disusun untuk mendalami berbagai aspek pendidikan sejarah di Indonesia, khususnya di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Banyuwangi.
Melalui penelitian ini, penulis ingin menggali bagaimana metode pengajaran sejarah dapat dioptimalkan untuk menanamkan kesadaran sejarah di kalangan mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran sejarah dan mencari solusi yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
KLIK Karya Dosen :https://drive.google.com/drive/folders/1vijv44Zr9Z9gpEXLlDu70yXEmsx2X4qN
Dengan pendekatan yang berbasis pada data dan analisis kritis, diharapkan karya ilmiah ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum pendidikan sejarah, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya sejarah dalam pembentukan karakter dan identitas bangsa.
Semoga karya ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para akademisi, pendidik, dan mahasiswa dalam upaya bersama membangun bangsa yang berlandaskan pada pemahaman sejarah yang baik.