CPL Prodi (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dirumuskan berdasarkan profil lulusan. CPL terdiri dari aspek: sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan SN-Dikti dan deskriptor KKNI level 6 atau sesuai dengan jenjang sarjana. Tabel 1.1 berikut menjabarkan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan.

Tabel 1.1 Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan

No.CPL
1CPL Sikap (S)
S1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan  sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakatdan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11Menunjukkan kedewasaan berfikir, visioner atau cara pandang kedepan yang lebih luas serta bertindak lebih arif dan bijaksana terutama dalam mengambil keputusan
S12Mampu menjadikan peristiwa-peristiwa sejarah yang  terjadi di masa lalu baik positif maupun pengalaman negatif sebagai pelajaran berharga untuk merancang kehidupan yang lebih baik di masa kini maupun di masa yang akan dating
S13Menjungjung nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan sehari-hari
S14Mampu menjaga dan memelihara warisan-warisan sejarah dan budaya
S15Mampu menjiwai semangat para pahlawan dan para pendiri bangsa
2CPL Pengetahuan (P)
P1Menguasai konsep dan teori sejarah terutama yang berkaitan dengan Sejarah Nasional Indonesia, Filsafat Sejarah, dan Metodologi dan Historiografi Sejarah.
P2Menguasai konsep dan teori ilmu-ilmu bantu sejarah, terutama sosiologi, antropologi, kepurbakalaan, kearsipan dan teori-teori sosial.
P3Menguasai kosnep dan teori pendidikan, psikologi belajar, perekmbangan peserta didik, serta teori belajar dan pembelajaran.
P4Menguasai pendekatan, teori, model, metode (manual dan digital) media dan evaluasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran sejarah di sekolah.
P5Menguasai konsep, prosedur, dan prinsip metodologi penelitian sejarah.
P6Menguasai konsep, prosedur, dan prinsip penulisan karya tulis ilmiah.
P7Menguasai konsep, prosedur, dan prinsip pengelollaan destinasi pariwiwsata sejarah dan budya
P8Menguasai pengelolaan dan pengembangan usaha di bidang kepaiwisaraan sejarah dan budaya secara kreatif dan inovatif sehibgga mampu bersaing di era global.
P9Menguasai konsep dan prinsip pendidikan karakter, serta nilai-nilai kearifan lokal untuk mendukung pembelajaran sejarah di sekolah.
3CPL Keterampilan Umum (KU)
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis ,sistematis dan inovatif dalm konteks pengembangan dan implementasi Ipteks yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humanioran sesuai bidang keahliannya
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implikasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatat cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagagsan, desain atau kritik seni, menysusun deskripsi saintifik hasill kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, mengunggahnya dalam laman perguruna tinggi
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesiain pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KU10Mampu menguasai literasi digital dan terapannya dalam pendidikan sejarah
KU11Mampu berkomunikasi lisan dan tulis (manual maupun menggunakan TIK) secara efektif, emaptik, dan santun dengan peserta didik sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
KU12Mampu menjadi Fasilitator dan sumber belajar
4CPL Keterampilan Khusus (KK)
KK1Mampu mengaplikasikan bahasa indonesia yang baik, benar dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai seorang pendidik sejarah
KK2Mampu mendesain kurikulum sejarah di sekolah menengah melalui kegiatan telaah kurikulum sehingga menghasilkan kompetensi, bahan ajar, intrumen penilaian, stratgei dan media pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
KK3Mampu mengaplikasikan diri sebagai pendidik sejarah serta menunjukan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri sebagai pendidik, dan mampu berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupu di masyarakat.
KK4Mampu mengaplikasikan metode penelitian pendidikan sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisi secara kritis dan merumuskan cara penyelesain masalah yang ada dalam pendididkan Sejarah di sekolah.
KK5Mampu mengaplikasikan hukun dan prinsip penulisan sejarah sehingga mmapu merekontruksikan secara kritis, analistis dan imajinatif peristiwa yang terjadi pada lampau berdasarkan buktui-bukti peninggalan, data tulisan dan rekaman.
KK6Mampu mengaplikasikan berbagai teori pedagogik dan metodik dalam  pendidikan dan  pembelajaran sejarah dan memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan di bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah
KK7Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis serta membangun hubungan interpersonal dan antarpersonal yang produktif
KK8Mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran sejarah yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang dan menyenangkan dengan memamfaatkan sumber dan media pembelajaran berbasis Ipteks dan potensi lingkungan sesuai standar proses dan mutu
KK9Mampu mengaplikasikan metode penelitian sehingga mampu menghasilkan karya tulis ilmiah.
KK10Mampu merencanakan karirnya sendiri (career anda personal development)
KK11Mampu mengaplikasikan proses membimbing, mengarahkan, memberikan petunjuk dan menjelaskan mengenai pariwisata sejarah dan budaya baik dalam ragam lisan maupun tulisan
KK12Mampu mengaplikasikan kegiatan menjaga dan merawat peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya
KK13Mampu mengkaji manajemen konflik atau masalah-masalah yang ada di dalam masyarakat
KK14Mampu mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila, semangat para pahlawan dan pendiri bangsa kepada peserta didik dan masyarakat.
KK15Mampu mengelaborasi dan mengkolaborasi praktik pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS dengan berabasikan kearifan lokal dan nilai-nilai luhur pancasila.
KK16Mampu mengaplikasikan proses pendampingan, membimbing, mengarahkan memberikan petunjuk dan menjelaskan mengenai pariwiwsata sejarah dan budaya baik dalam ragam lisan dan tulisan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal
KK17Mampu Mengaplikasikan metode penelitian pendiidkan sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjaleskan, mengevaluasi/menganalisi secara krtisi dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam pendidikan sejarah di sekolah.
KK18Mampu mengaplikasikan hukum dan prinsip penulisan sejarah sehingga mampu merekonstruksikan secara kritis, analitis dan imajinatif peristiwa yang terjadi pada masa yang lampau berdasarkan bukti-bukti peninggalan, data tulisan dan rekaman
KK19Mampu mempublikasikan temuan penelitian sejarah dan pendidikan sejarah