TIPS UJIAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH

Ujian skripsi menjadi salah satu momen penting mahasiswa selama menempuh pendidikan strata satu. Ujian skripsi adalah tahap akhir dimana mahasiswa harus menyampaikan dan mempertahankan hasil penelitiannya sebagai salah satu syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana, istilah lain yang sering kita dengar yaitu sidang skripsi.

Cara Menghadapi Ujian Skripsi

1. Melakukan Simulasi Presentasi Ujian Skripsi

Ajak teman kamu untuk berperan sebagai dosen penguji dan lakukan simulasi ujian skripsi. Atur suasana menyerupai ujian yang sebenarnya, kenakan pakaian yang rapi dan hadirkan suasana yang tenang. Minta teman kamu untuk memberikan kritik, sanggahan dan pertanyaan layaknya seorang penguji. Selain simulasi kamu secara langsung juga bisa melakukan diskusi bersama teman kamu terkait topik skripsi yang kamu teliti. Kamu juga bisa melatih bahasa tubuh kamu selama melakukan presentasi.

2. Kuasai Materi dan Detailnya dengan Baik

Kuasai materi dari topik penelitian yang akan kamu bawakan. Buat catatan dari teori dan poin-poin penting dari pembahasan skripsi kamu. Kamu bisa memulai dengan membuat catatan-catatan kecil dari tiap bab pembahasan skripsi, tambahkan juga detail yang harus diperhatikan. Detail yang kamu tambahkan akan membantu kamu mengingat teori dan isi skripsi yang kamu tulis. Saat dosen penguji mengajukan pertanyaan tentang teori terkait, kamu dengan percaya diri mampu menjawabnya.

3. Diskusi dengan Dosen Pembimbing

Sebelum menghadapi ujian skripsi, ajak dosen pembimbingmu untuk berdiskusi. Siapkan jawaban yang kamu prediksi akan ditanyakan oleh dosen penguji nantinya. Konsultasikan hal-hal yang masih kamu ragukan dan mintalah wejangan untuk menghadapi sidang skripsi agar bisa berjalan dengan mulus. 

4. Siapkan Mental

Ujian skripsi sekilas memang terlihat menakutkan, terlebih lagi jika beredar informasi kalau dosen penguji yang akan kamu hadapi cukup galak dan perfeksionis. Pikiran negatif seperti ini yang akan mengganggu fokus dan membuat kamu panik. Siapkan mental dan fokus dengan yang telah kamu persiapkan dengan matang. Jauhkan overthinking yang berlebihan dan jangan takut jika melakukan kesalahan. 

5. Siap Menerima Kritikan dan Masukan

Siapkan diri untuk menerima setiap kritik dan masukan yang akan kamu terima, jadikan kritik dan masukan itu untuk membuat kamu dan hasil penelitian skripsi kamu lebih baik. Jika kamu tidak mampu menjawab pertanyaan dosen penguji, katakan dengan jujur namun katakan juga kamu akan mempertimbangkan dan melakukan riset atas masukan yang diberikan dosen penguji untuk menyempurnakan hasil penelitian skripsi kamu. Dan jika kamu memiliki landasan teori yang kuat dan yakin akan jawaban atas pertanyaan dosen penguji, kamu bisa sampaikan dengan baik dan terstruktur.

6. Istirahat yang Cukup

Mempersiapkan skripsi dari awal hingga selesai pastinya akan membuat kamu kelelahan. Jangan paksakan diri kamu, kenali batasan yang bisa kamu atasi. Jika tubuh dirasa butuh istirahat, istirahatlah sejenak dan pastikan kamu cukup tidur sebelum menghadapi ujian. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kamu lebih bugar dan menjaga kondisi mental tetap stabil. Kamu akan lebih fresh, dan siap menjawab setiap pertanyaan yang akan diajukan.

7. Siapkan Penampilan yang Rapi

Penampilan saat menghadapi ujian skripsi juga harus diperhatikan, lho. Bukan berarti kamu harus memakai pakaian baru yang mahal dan branded, tetapi pakailah pakaian yang rapi dan bersih. Kamu harus memberikan kesan pertama yang baik kepada para dosen penguji dan dosen pembimbing kamu. Terlihat rapi akan memberikan kesan profesional dan kamu mantap untuk melakukan sidang skripsi, pastinya menambah kepercayaan diri kamu juga kan.

8. Berdoa

Berdoalah sebelum ujian dimulai. Dengan berdoa akan membuat hati kamu  tenang dan bisa membangkitkan energi positif pada diri kamu. Rasa takut dan kecemasan akan berubah menjadi semangat kamu, karena kamu yakin Tuhan akan menyertai kamu selama kamu melakukan presentasi. 

9. Optimis

Optimis dan yakin pada diri sendiri. Tanamkan pada diri sendiri kamu akan LULUS dan sukses menghadapi ujian skripsi. Siapkan diri sebaik mungkin. Kamu bisa tuliskan kata-kata penyemangat di dinding kamar kamu agar rasa optimis dan percaya diri tertanam pada diri kamu.

Nah, itulah cara menghadapi ujian skripsi yang perlu kamu persiapkan. Semoga dengan tips diatas dapat membuat kamu menjadi pribadi yang percaya diri dalam menghadapi ujian nanti. Pastikan juga kamu hadir tepat waktu ya, jangan sampai terlambat yang nantinya akan berpengaruh pada penilaian dosen pembimbing terhadap nilai kamu.(Miska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *