Era disrupsi telah mendorong adanya modernisasi dalam berbagai bidang kehidupan. Hal itu juga terjadi dalam dunia
pendidikan. Pembelajaran bukan lagi dilakukan secara luring tetapi secara daring. Pembelajaran bauran memudahkan siswa agar bisa lebih fleksibel dalam bertukar pengetahuan. Melalui kemudahan pembelajaran itu telah berpengaruh terhadap meningkatnya efektivitas pembelajaran. Inovasi pembelajaran memunculkan berbagai bentuk pengembangan media,
bahan ajar, hingga model pembelajaran, terutama pembelajaran sejarah. Kondisi ini menjadi sebuah peluang besar bagi pendidik untuk mengembangkan berbagai materi dan perangkat pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Permasalahan yang terjadi, seringkali pendidik masih kurang mengembangkan sendiri dan melakukan inovasi berbagai perangkat dan materi dalam pembelajaran sejarah. Calon guru dan guru abad 21 sudah seharusnya dapat melakukan berbagai macam inovasi materi pembelajaran sejarah. Oleh karena itu, penyusunan buku ini diperlukan untuk menunjang pelaksanaan kurikulum merdeka yang baik, dan bagaimana tujuan pembelajaran dapat tercapai, pembelajaran sejarah inovatif juga menjadi hal fundamental yang bisa didiskusikan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah.
penulis tim Lainnya yaitu: Hariyono, Mu’azzizah Dara Shivana, Dhalia Soetopo, Miskawi, Hervina Nurullita, Brigida Intan Printina, Ayu Regina, Fazrinaldo, Nuraeni Marta, Kurniawati, La Rama, M. Fakhruddin, Firlyda Riski, Ayi Hambali, Muhammad Hasmal Mahfud, Vionita Vara Fitrianti, Asyif Awaludin Romadhoni, Winto, Abrar, & Umasih.
x+217 hal. 14,8 x 21 cm
ISBN – 978-623-8289-76-9
Cetakan Pertama, Juni 2024
Diterbitkan oleh
Jagat Litera
(Anggota IKAPI No. 311/JTI/2021)
Alamat Redaksi
Jl. Arjuna Wisma Parangargo Sejahtera No. G5
Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang
Telp. 085859243102. Email; jagatlitera@gmail.com
Hak cipta dilindungi undang-undang;
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa seizin
tertulis dari Penerbit.