Kolaborasi UNDIP dan UNIBA dalam Tridharma

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan untuk mengimplementasikan ilmu serta mengaplikasikan secara langsung di masyarakat. Kegiatan PKL mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Prodi Sejarah, Universitas Diponegoro dilaksanakan mulai tanggal 4 Mei 2023 sampai sepuluh hari kedapan di Kabupaten Banyuwangi (4/5).

Pembukaan pelaksanaan PKL dilaksanakan di Kampus B, Universitas PGRI Banyuwangi. Hadir Dosen Sejarah Undip yaitu Mahendra Puji Utama, M.Hum, Rabit Jihan Amaruli M.Hum, Nur Aelil Masruroh, M.Hum, Fanada Sholiha, M.Hum dan Rafngi Mufida, M.Hum. Dosen Pendidikan Sejarah Uniba yaitu Dr. Agus Mursidi, M.Pd, Dhalia Soetopo, M.Pd, Miskawi, M.Pd, Drs. Abdul Shomad, M.Pd dan Hervina Nurullita, MA, mahasiswa sejarah UNDIP dan Mahasiswa sejarah UNIBA.

Menurut Mahendra Puji Utama, M.Hum, bahwa “Kunjungan dosen dan mahasiswa sejarah Universitas Dipenogoro adalah yang kedua kalinya dalam Program KKL. Tahun 2018 pertama kali berkunjung dengan jumlah mahasiswa sebanayak 70 mahasiswa. Alhamdulillah kujungan kedua saat ini sebanyak 127 mahasiswa. Memilih Banyuwangi karena masyarakat sangat kompleks mulai dari perkebunan, petanian, masyarakat pesisir dan kaya sejarah dan budaya dan masih banyak potensi lainnya, ” Ungkapnya.

KKL kali ini adalah kegiatan terintegrasi mulai penelitian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa menempuh mata kuliah penelitian sosial, semester 4 (empat). Kompetensi yang akan dicapai dalam mata kuliah Penelitian sosial ini agar mahasiswa dapat menjadi peneliti sosial. Oleh karena itu, mahasiswa sejarah Undip didampingi mahasiswa Pendidikan sejarah UNIBA dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknyanya agar dapat belajar dari masyarakat Banyuwangi khususnya dalam aktivitas sosialnya.

“Dari pertemuan ini dapat menjadi kerjasama yang berkelanjutan khususnya dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat. Kami juga berharap kerjasama ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, siapa tau ada dari mahasiswa sejarah setelah lulus S1 melanjutkan S2 sejarah dan bagi Dosen Uniba juga melanjutkan S3 Sejarah di Undip, ” harap Mahendra, PU. M.Hum.

Dr. Agus Mursidi. M.Pd selaku dosen sejarah dan Dekan FKIP sangat memberikan apresiasi kepada dosen dan Mahasiswa Undip dan berterima kasih Universitas PGRI Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah dalam penelitian sosial. Tidak salah memilih banyuwangi karena Banyuwangi memiliki daya tarik dan potensi mulai keberagaman masyarakat, sejarah, wisata dan masih banyak lainnya. Harapan terakhir dari kegiatan ini dikemas dalam kegiatan pertemuan ilmiah baik dari mahasiswa dan dosen.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan fandel dari mahasiswa sejarah Undip kepada Ka. Prodi Pendidikan Sejarah Uniba disaksikan segenap dosen Undip, Uniba dan mahasiswa sejarah. (Miska)

Berita serupa, Klik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *