Banyuwangi, 23 September 2025 – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) mengikuti kegiatan kuliah lapangan sejarah lokal dengan tema “Banyuwangi Tempo Doloe” yang digelar di Pendopo Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Sejarah Lokal yang diampu oleh Miskawi, M.Pd., dengan tujuan memperkenalkan sejarah dan budaya Banyuwangi secara lebih mendalam.

Sebelum mengikuti seminar, mahasiswa diajak mengunjungi pameran Banyuwangi Tempo Doloe, di mana mereka dapat melihat koleksi artefak, foto, dokumen, dan benda peninggalan sejarah yang menceritakan kehidupan masyarakat Banyuwangi pada masa lalu. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar langsung dan kontekstual bagi mahasiswa.
Dalam seminar, dosen pengampu, Miskawi, M.Pd., menekankan pentingnya pemahaman sejarah lokal sebagai fondasi untuk mengajar sejarah di tingkat pendidikan dasar maupun menengah. “Dengan mengenal sejarah lokal, mahasiswa dapat menumbuhkan kesadaran akan nilai-nilai budaya dan identitas daerah, sekaligus membekali diri sebagai calon pendidik yang kreatif dan kontekstual,” ujar Miskawi.
Beberapa mahasiswa menyampaikan tanggapan mereka terkait kegiatan ini. Muhammad Royhan mengatakan, “Kuliah lapangan ini sangat menarik karena saya bisa melihat secara langsung peninggalan sejarah Banyuwangi. Mengunjungi pameran dan mendengar penjelasan narasumber membuat saya lebih memahami perjalanan budaya dan sejarah lokal.”
Sementara itu, Kartika April Riani menambahkan, “Pengalaman ini membuat saya lebih menghargai warisan budaya Banyuwangi. Kuliah lapangan seperti ini mempermudah saya dalam memahami materi sejarah lokal dibandingkan hanya belajar di kelas. Semoga kegiatan seperti ini rutin diadakan untuk mahasiswa sejarah.”

Kegiatan kuliah lapangan “Banyuwangi Tempo Doloe” ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap pelestarian sejarah lokal, menumbuhkan kesadaran akan identitas budaya daerah, dan menjadi pengalaman edukatif yang memperkaya proses pembelajaran sejarah.
